Jumat, 10 Mei 2013

Wacana: Pentingnya Pembicara Bagi Mahasiswa

Pentingnya Pembicara Bagi Mahasiswa
Oleh: Aini Istiqomah

Setiap mahasiswa untuk mendapatkan suatu ilmu pengetahuan tidak hanya dengan belajar di kelas atau dari buku saja. Pengetahuan dari luar pun juga menjadi salah satu faktor pendukung dalam pencapaian belajar, misalnya dengan mengikuti seminar, pelatihan, atau perlombaan yang diadakan di lingkungan kampus maupun di luar kampus. Keberhasilan yang diperoleh seseorang dalam mengikuti acara tersebut juga dipengaruhi oleh pemateri atau pembicara.

Dari hasil penelitian, 60% mahasiswa PBSI UAD menyatakan, mereka menginginkan pembicara atau pemateri dari pihak luar kampus. Alasannya, agar tidak terfokus pada satu narasumber saja. Minat peserta dalam mengikuti seminar dan pelatihan juga tidak hanya untuk mendapatkan sertifikat, namun juga mengembangkan rasa ingin tahu siapa pengisi acara tersebut dan karya-karyanya sehingga dikenal oleh masyarakat luas. Peserta tidak merasa bosan dan jenuh saat kegiata berlangsung. Peserta dapat meniru atau mencontoh apa yang telah dicapai seorang pembicara sehingga termotivasi untuk lebih meningkatkan bakat dan minat yang kita miliki.

Disisi lain pemateri dari dosen PBSI UAD sendiri juga banyak yang menjadi panutan dan contoh untuk para mahasiswa. Ini membuktikan bahwa, dosen UAD memiliki kualitas yang baik dan dapat menguasai materi yang telah disampaikan. Penyelenggara dan peserta percaya bahwa dosen UAD mempunyai skill yang mampu membangun dalam meningkatkan kualitas kampus. Sebelum mengenal lingkungan luar, alangkah baiknya kita mengenal lingkungan sekitar kita terlebih dahulu, karena apa yang kita peroleh dari luar belum tentu baik untuk pengetahuan kita.

By Blog KRESKIT with No comments

0 komentar:

Posting Komentar