Sabtu, 15 Juni 2013

LSBO PP Muhammadiyah adakan Forum Diskusi Sastra Anak

 
 
Rabu, 8 April 2013 Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO)  Pimpinan Pusat Muhammadiyah bekerjasama dengan KKN alternatif UAD angkatan 37 menyelenggarakan forum diskusi sastra di hall kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan pada pukul 19.30 wib. Agenda tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap bulan pada Rabu minggu kedua. Acara yang dimeriahkan oleh penampilan musikalisasi teater Jaringan Anak Bahasa ini  mengangkat cerita anak yang ditulis oleh Dr. Rina Ratih Sri Sudaryani, M.Hum. Pembicara dalam acara tersebut adalah ibu Wiyatmi yang merupakan dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Ibu Rina Ratih  yang tak lain adalah dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneisa UAD ini mengungkapkan bahwa Ia terketuk untuk menulis sastra anak ketika Ia diundang ke Jakarta disana hadir penulis perempuan se-Indonesia dan belum ada yang menulis sastra anak. Beliau tergerak untuk dapat menghasilkan karya yang berbeda dari biasanya. Ibu Rina sosok feminis liberal yang terus berkarya. “Sastra itu menyenangkan tapi menulis disertasi itu mumet,” mumetnya tersebut mengarahkannya untuk menulis dan kemudian menghasilkan karya. “Dalam satu tahun ada 365 hari masa iya kita tidak berbuat sesuatu?” Beliau juga mengungkapkan bahwa “Merupakan kenikmatan yang tidak dapat diukur dengan materi jika kita menerbitkan sebuah karya.” Diskusi sastra yang didominasi oleh kehadiran mahasiswa PBSI ini menambah inspirasi mahasiswa dalam menulis.
Kehadiran cerita anak yang berjudul Puteri Emas dan Burung Ajaib  ini patut mendapat apresiasi, mengingat penulis cerita anak cenderung sedikit. Ibu Wiyatmi sendiri membahas cerita anak berjudul Puteri Emas dan Burung Ajaib dari segi feminis, karena disana terdapat tokoh seorang perempuan  yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata. “Semoga acara ini terus berjalan dan pendukungnya semakin bertambah, karena acara diskusi ini sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa PBSI.” Ungkap Ichsan Yunianto selaku panitia dalam acara tersebut. (Mifta)

By Blog KRESKIT with No comments

0 komentar:

Posting Komentar