Selasa, 25 Juni 2013

Pahit yang Berujung Manis

 
 
Judul  : Surat Dahlan 
Penulis : Khrisna Pabichara
Tahun Terbit : Cetakan Pertama, Januari 2013
Penerbit : Noura Books (PT Mizan Publika)
Tebal : 378 Halaman
Resensator: Diana Pertiwi
Judul Resensi: Pahit yang Berujung Manis
ISBN: 978-602—7816-25-1

Hidup adalah perjuangan. Begitulah kata yang pantas dan cocok untuk mewakilkan isi keseluruhan dari novel Surat Dahlan ini.
Novel Surat Dahlan ini menceritakan tentang kisah hidup seorang Dahlan yang penuh akan perjuangan dan tantangan. Berawal dari mimpinya untuk menjadi seorang sarjana demi memenuhi janjinya kepada wanita yang ia cintai, dan membahagiakan bapaknya, Dahlan melanjutkan kuliahnya di PTAI Samarinda, Kalimantan. Merasa bosan dengan bangku kuliah, Dahlan pun memutuskan untuk berhenti kuliah dan bergabung dengan sekretariat Pelajar Islam Indonesia (PII). Disinilah Dahlan mulai aktif dalam berinteraksi dan menulis di majalah kampus.
Kehidupan Dahlan cukup keras. Tulisannya mengenai perlakuan pemerintah terhadap anggota dan simpatisan PKI membuat majalah kampusnya dilarang terbit. Aksi demonya yang memprotes pemerintahan Soeharto juga membuatnya menjadi buronan nomor satu para tentara. Disisi lain, Dahlan juga dikejutkan dengan kehadiran tiba-tiba seorang wanita yang mengaku menyukainya, juga ketidak pastian balasan surat dari wanita yang ia cintai. Hingga akhirnya Dahlan memutuskan untuk berpindah kehati seorang wanita tomboi anak tentara.
Ada banyak inspirasi dan motivasi yang ada di dalam novel ini. Selain itu juga ada banyak pelajaran yang dapat dipetik. Mulai dari arti sebuah perjuangan, kesabaran, keyakinan dan masih banyak lagi pelajaran. Novel ini sengaja ditulis dengan bahasa yang ringan. Sehingga pembaca tidak perlu membaca berkali-kali untuk dapat mengerti dan memahami kalimat secara mendalam. Ayo, segera miliki dan temukan motivasi terbaik dalam novel ini. Selamat membaca....

By Blog KRESKIT with No comments

0 komentar:

Posting Komentar