Sabtu, 12 Juni 2010

resensi novel


JUDUL BUKU : MARYAMAH KARPOV
PENULIS : ANDREA HIRATA
TH TERBIT : 2008
PENERBIT: PT Bentang Pustaka
TEBAL HALAMAN BUKU : 504 halaman
PERESENSI : NINA RULY ISTIARI

Andera Hirata lahir di Belitong, melalui beasiswa dia menempuh pendidikan master di Inggris dan Prancis pada bidang economics science. Andrea telah menyelesaikan empat novel, yang dia garap sendiri yaitu Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpovsebagai karya pamungkasnya.
Sinopsis novel Maryamah Karpov
Novel ini menceritakan semua hal tentang laskar pelangi, A Ling,Arai, Lintang,dan beberapa tokoh dalam cerita sebelumnya.
“ Jika dulu akutak menegakkan sumpah untuk sekolah stinggi – tingginya demi martabat ayahku, aku dapat melihat diriku dengan terang yang sedang berdiri dengan tubuh hitam kumal, yang kelihatan hanyalah mataku, memegang sekop menghadapi gunungan timah mengumpulkan nafas ,menghela tenaga. Aku menolak semua itu, perlakuan buruk nasib ayahku dan kaumku. Kini Tuhan telah memeluk mimpiku. Atas nama hasrat kaumku, martabat ayahku, kurasakan dalam aliran darahkusaat nasib membuktikan sifatnya yang hakiki bahwa ia akan memihak kepada para pemberani.”
Keberanian dan keteguhan hati telah membawa Ikal pada banyak tempat dan peristiwa. Sudut – sudut dunia telah ia kunjungi demi menemukan A Ling. Apapun ia lakukan demi perempuan itu. Keberanianya ditantang ketika tanda – tanda keberadaan A Ling tampak. Dia tetap mencari dan mencari meski tanda – tanda itu masih samar.

By Blog KRESKIT with No comments

0 komentar:

Posting Komentar